WHAT'S NEW?
Loading...

Tugas Akhir: Skripsi di Universitas Mercu Buana

Haiii semua... posting akhir-akhir ini emang tentang skripsi, ya karena emang gw lagi menjalani skripsi, jadi banyak bahan curhatan ahaha. Oke gw mau cerita tentang syarat skripsi yang ada di kampus gw, mungkin di kampus laen berbeda pastinya. Setelah penuturan dosen pembimbing berikut ini adalah hal-hal yg bisa diperhatikan adek kelas gw nantinya biar bisa siap siap ada gambaran mau buat skripsi apa sebelum masuk ke semester akhir yaa.



  • Skripsi bisa dikerjakan berkelompok, maksimal 2 orang, tapi harus satu dosen pembimbing, dan disidang dalam waktu yg sama secara paralel
  • Jenis tugas akhir (skripsi) yang disarankan adalah: 
  1. Analisa perancangan sistem informasi, 
  2. Pengembangan aplikasi yang sudah ada, 
  3. Audit sistem informasi, 
  4. Data warehouse dan data mining, 
  5. Business inteligence, 
  6. Artificial inteligence, 
  7. Mobile application (gw pilih, gampang kayaknya :)

Sistematika Penulisan :
Bab 1: Pendahuluan
  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Batasan Masalah / Ruang Lingkup
  4. Tujuan dan Manfaat
  5. Metode Penelitian
  6. Sistematika Penulisan


Bab 2: Landasan Teori
  1. Tinjauan penelitian sebelumnya dengan topik yang sama dapat berupa jurnal maupun Tugas Akhir mahasiswa (Literature Review
  2. Teori yang berhubungan dengan topik Tugas Akhir yang dipilih
  3. Referensi (Daftar Rujukan) 5 tahun terakhir
  4. Bab 3: Analisa


Nah di bagian ini sistematika penulisan memeiliki perbedaan berdasarkan pada jenis Tugas Akhir yang dipilih. 

Analisa Perancangan Sistem Informasi:
Bab 3: Analisa Sistem Berjalan
Isi dan pembahasan berisi:
  • Analisa Proses Bisnis Berjalan

*Harus ada penjelasan mengenai:** Struktur Organisasi, Fungsi dan Tugas pada Tempat Penelitian ** Ruang Lingkup Sistem Yang Akan Dibuat** Menggunakan Use Case Diagram dan Activity Diagram dari sistem berjalan 
  • Analisa Dokumen: Masukan dan Keluaran Berjalan

*Harus melampirkan dokumen asli yang diletakkan pada lampiran
  • Analisa Masalah dan Kebutuhan (System Requirement)

Penjelasan mengenai responden yang dimintai keterangan sesuai dengan sistem yang akan dibuat*Lampiran yang dipenuhi :hasil wawancara- kuisioner
  • Rekomendasi Pengembangan Sistem

Menjelaskan mengenai masukan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan


Pengembangan Aplikasi (Buat yang pakai program)
  1. Aplikasi Sistem Informasi

Isi dan pembahasan berisi:
  • Analisa Proses Bisnis  dan Aplikasi sebelumnya

*Harus ada penjelasan mengenai:
** Struktur Organisasi, Fungsi dan Tugas pada Tempat Penelitian
** Ruang Lingkup Aplikasi yang akan dikembangkan
** Menggunakan Use Case Diagram dan Activity Diagram dari sistem berjalan.
  • Analisa Aplikasi berjalan

*Harus melampirkan gambar dari aplikasi yang akan dikembangkan beserta penjelasan aplikasi tersebut.
  • Analisa Kebutuhan  (System Requirement)

Penjelasan mengenai responden yang dimintai keterangan sesuai dengan sistem yang akan dibuat
Lampiran yang dipenuhi :
hasil wawancara
kuisioner
  • Rekomendasi Pengembangan Sistem

Menjelaskan mengenai masukan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan
B2. Aplikasi lainnya
  • Analisa Aplikasi berjalan

*Harus melampirkan gambar dari aplikasi yang akan dikembangkan beserta penjelasan aplikasi tersebut.
  • Kerangka pengembangan aplikasi  dapat berisi struktur data dan algoritma yang berjalan dan yang akan dikembangkan.
  • Gambaran metode testing yang akan digunakan
  • Rancangan GUI: input/ output, basis data  (jika diperlukan)


  1. Audit Sistem Informasi

  • Metode jenis penelitian
  • Sampling dan metode pengumpulan bukti
  • Teknik analisa data
  • Teknik pengujian

  1. Data Warehouse dan Data Minning

  • Metode 
  • Kerangka data warehouse
  • ETL
  • Skema dan arsitektur  Datawarehouse


  1. Business Intelligence
  2. Kecerdasan Buatan
  3. Mobile Application 


Bab 4: Isi dan Pembahasan
Pada bagian ini sistematika penulisan berdasarkan pada jenis Tugas Akhir yang dipilih. 

  1. Analisa Perancangan Sistem Informasi


Bab 4: Analisa dan Desain Sistem Usulan
Desain Proses Bisnis  usulan
 Functional Model:Use Case Diagram dan Activity Diagram Behaviour Model: Sequence diagram atau communication diagram
Desain Model data
Minimal ada class Diagram, model data dan spesifikasi basis data dan rancangan kode.
Desain Tampilan antar muka (User interface)
Desain input-output (berisi dokumen yang akan digunakan)
*desain tampilan dan input/output dapat dibuat dengan prototype menggunakan kakas yang dibutuhkan.

  1. Pengembangan Aplikasi

  • Aplikasi Sistem Informasi

Isi dan pembahasan berisi:
Analisa Proses Bisnis  dan Aplikasi sebelumnya
*Harus ada penjelasan mengenai:
** Struktur Organisasi, Fungsi dan Tugas pada Tempat Penelitian
** Ruang Lingkup Aplikasi yang akan dikembangkan
** Menggunakan Use Case Diagram dan Activity Diagram dari sistem berjalan.
Analisa Aplikasi berjalan
*Harus melampirkan gambar dari aplikasi yang akan dikembangkan beserta penjelasan aplikasi tersebut.
Analisa Kebutuhan  (System Requirement)
Penjelasan mengenai responden yang dimintai keterangan sesuai dengan sistem yang akan dibuat
*Lampiran yang dipenuhi :
à hasil wawancara
àkuisioner
Rekomendasi Pengembangan Sistem
Menjelaskan mengenai masukan dari hasil pengamatan yang telah dilakukan
  • Aplikasi lainnya

Analisa Aplikasi berjalan
*Harus melampirkan gambar dari aplikasi yang akan dikembangkan beserta penjelasan aplikasi tersebut.
Kerangka pengembangan aplikasi  dapat berisi struktur data dan algoritma yang berjalan dan yang akan dikembangkan.
Gambaran metode testing yang akan digunakan
Rancangan GUI: input/ output, basis data  (jika diperlukan)

  1. Audit Sistem Informasi

Metode jenis penelitian
Sampling dan metode pengumpulan bukti
Teknik analisa data
Teknik pengujian
  1. Data Warehouse dan Data Minning

Metode
Kerangka data warehouse
ETL
Skema dan arsitektur  Datawarehouse
  1. Business Intelligence
  2. Kecerdasan Buatan
  3. Mobile Application 


Tugas Akhir: Non Skripsi
Non skripsi pada program studi Sistem Informasi dibuat untuk memudahkan mahasiswa yang lebih memiliki potensi menulis karya ilmiah sehingga waktu pengerjaan tugas akhir lebih cepat.
Ketentuan penulisan karya ilmiah:
1. Karya ilmiah yang dibuat dapat berupa pengambilan kesimpulan dari hasil membaca 3 jurnal nasional dan 5 jurnal internasional yang memiliki topik yang sesuai dengan yang dipilih.
2. Jurnal acuan 5 tahun terakhir.
3. Isi penulisan karya ilmiah dapat berupa kesimpulan dari jurnal yang diacu atau dapat berupa komparasi/perbandingan metode/ algoritma/ teknologi yang digunakan.
4. Format penulisan karya ilmiah dalam bentuk makalah (disesuaikan dengan sistematika penulisan karya ilmiah)  dan jurnal (6 sd 8 halaman)
-----makalah copy dan sesuaikan ---- anita
-----jurnal copy dan sesuaikan dari SINAPTIKA----- pic sulis
5. Karya ilmiah dibuat secara perorangan dibantu oleh 1 dosen pembimbing.
6. Nilai karya ilmiah ditentukan dari hasil sidang dan maksimal nilai yang dapat diperoleh adalah B.
7. Apabila Karya ilmiah dapat dipublikasikan pada jurnal nasional sebelum disidangkan maka maksimal nilai yang dapat diperoleh adalah A dengan menyertakan bukti berupa hardcopy jurnal/prosiding.
 

0 comments:

Post a Comment