WHAT'S NEW?
Loading...

Citizen Journalist: enam sifat yang harus dimiliki seorang jurnalis warga


Jurnalis Warga



Menurut Dr. Ron Ross, pemimipin redaksi Calayts, sebuah terbitan milik National Association of Citizen Journalist dan penulis Handbook for Citizen Journalist, ada enam sifat yang harus dimiliki seorang jurnalis warga, yaitu:
1.       Sikap Penasaran
Ini adalah darahnya seorang jurnalis warga. Sikap penasaran membuat ia terus siaga dan selalu menerima cerita baru.
2.       Sadar Situasi

Jurnalis warga harus selalu memiliki perhatian mengenai apa yang terjadi di sekitarnya. Kebanyakan orang menaruh perhatian untuk isu-isu besar, jurnalis warga harus menaruh perhatian terhadap hal-hal di sekelilingnya.
3.       Ahli Bertanya
Jurnalis warga dituntut untuk selalu berpegang dengan pertanyaan 5W + 1H (what, when, where, why, dan how). Tapi dengan enam pertanyaan itu saja tak boleh puas. Ia harus terus menggali sampai dapat informasi lengkap.
4.       Pendengar yang Baik
Jurnalis warga harus selalu menyimak apa yang dikatakan orang untuk mengetahui apa yang tidak dikatakan. Kebanyakan jurnalis terlalu asyik betanya tapi lupa manyimak jawabannya, sehingga tak tahu apa yang dikatakan orang.
5.       Berpikir Kritis
Jurnalis warga tidak boleh percaya begitu saja apa yang disampaikan orang. Ia harus bisa membedakan propaganda dan ucapan jujur.
6.       Ahli Berkisah
Agar informasi-informasi yang dikumpulkan menarik bagi pembaca, jurnalis harus mampu menuturkan secara menarik. Agar berita yang dibuatnya menarik, jurnalis warga dituntut mampu:
a.       Mensintesiskan fakta dan kejadian. Ia Harus mampu menangkap esensi dari fakta-fakta dan kejadian yang dia ketahui.
b.      Menyampaikan fakta-fakta itu secara sederhana dan sejelas mungkin.
c.       Membuat gambaran atau ilustrasi, untuk menyampaikan fakta agar tidak terdengar rumit.

Oleh : MARGIONO twitter.com/megimargi
Di salin dari ebook linima(s)a hal 44-57
Berikutnya bakal gw share post berseri apa yg didapet dari ebook linima(s)a

0 comments:

Post a Comment