WHAT'S NEW?

Pengalaman Pemula: Mendaki Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede adalah salah satu tujuan favorit pendaki, karena jalur yg sudah rapi dan mudah dilalui, sehingga cocok untuk nanjak pendaki pemula. Peraturan di Gn Gede cukup keta, sampai harus di buat sistem booking buat pendaki dari H-3 sampai H-30 sebelum pendakian. Ada tiga jalur utama pendakian Gn Gede yaitu jalur Cibodas, jalur Gunung Putri dan jalur Selabintana.

Nah pada tgl 3-4 april 2015 kemarin, gw sama temen2 kantor indocyber  pada pergi ke Gn Gede melalui jalur Gn Putri, kita udah booking dari 30 hari sebelumnya.
Carrier gw taro di kantor

Tim Dua dari Adira
Gw berangkat 2 April malem dari kantor Adira naek trans jakarta dari Dukuh Atas 2 jam 8 malem, tapi karena jalur busway macet parah gegara hujan deres sore hari nya sampai Pasar Rebo jam 11 malem >_<. Dari pasar rebo kita jegat bus yg lewat puncak, ada bus "doa ibu" Tasik-Jakarta, tapi penuh semua. ada juga rebutan ama teman teman laen yg mau nanjak juga, ahirnya jam 2 malem baru dapet bus nya :(
Kita turun di Pasar Cipanas jam 5 subuh, perjalanan dari Pasar rebo tergolong lancar, karena cuma 2, 5 jam udah sampe sini. Di pasar cipanas udah banyak orang yg bawa carrier di punggung nya, untuk menuju pintu gerbang gunung putri kita harus ngeborong angkot buat nganterin ke atas, karena kondisi jalanan yg ancur parah, ga banyak angkot yg mau naek keatas.
Biaya borongan angkot buat nganterin biar lebih murah biasanya kita ngajak temen pendaki lain buat join, tapi susah banget nyocokin jumlah pendaki sama quota angkot yg cuma muat 8 orang karena carier juga makan tempat sih.

Sampe gunung putri itu jam 6 pagi tgl 3 April, dan gw udah semaleman itu ga tidur >_<  badan cape ngantuk tapi kita semua udah plan naek hari itu paginya, tapi tekad gw udah bulet mau ikutan jadinya gw tetep kekeh naek juga jam 7.
Beres administrasi ngecek surat ijin dan pemeriksaan barang terlarang seperti pisau, sabun, odol (bahan-bahan kimia) yg dilarang akan diminta petugas, lalu kita mulai pendakian.
Melalui jalur Gn Putri ini kita akan melewati perkebunan penduduk yg umumnya menanam wortel, bawang daun, dan kol.
Awal mula perjalanan, melewati kebun penduduk
Jalur pendakian pada umumnya sudah dialasi bebatuan dan semen, tetapi banyak juga yg masih tanah dan akar pohon, tapi semua jelas terlihat kok, jadi di jamin ga nyasar hehe
Selama Perjalnan ke atas kita berkali kali di terpa hujan deras dan kabut, sehingga perjalanan semakin berat karena hawa dingin yg menusuk dan jalnan yg licin.
Kelelahan fisik karena tidak tidur semalaman dan jalanan licin yg bikin gw lambat bergerak, banyak istirahatnya. hampir saja putus asa  melanjutkan perjalanan dan minta ngeCamp karena hawa dingin dan kantuk yg tak tertahan. tapi si Dayat selalu menantang untuk lanjut, "Anggap saja ini sebagai hidup lo, jalan selangkah demi langkah pasti sampai tujuan, kalo ga bergerak, kita ga akan pernah sampai" daaar.. semangat lagi gw. mau nyerah pun malu. Lanjut nanjak walau setiap 3 langkah berhenti mengumpulkan tenaga menahan beban carrier dan mempersiapkan kaki melangkah jalan berlumpur.
Semangat dari sesama pendaki juga gw rasakan, yg terus berteriak "Hayo dikit lagi mas", yg padahal beberapa jam kemudian pun belum sampe hehe..
itulah tantangannya, gw ga tau kapan gw akan terus berusaha, tetaplah mencoba melangkah.
Seinget gw ada 3 Pos peristirahatan, dengan jenis jalur pendakiannya ada beberapa tahap dari jalur berbatu rapi, trus jalur lumpur, jalur batu berantakan, jalur lumpur, jalur akar pohon, jalur batu besar, dan jalur batu landai baru lah sampai di tempat camp, Surya kencana. Jam 17:15 kita ahirnya sampai di alun-alun Surya kencana, tempat kita mendirikan tenda. Rame banget disitu, kita berlomba dengan sesama pendaki untuk mencari titik terbaik untuk mendirikan tenda, kalo di tengah alun-alun yg berupa dataran rendah memiliki risiko di terpa angin dikala hujan badai, sehingga kita mencari area di sekitaran pohon lebat edelweis biar lebih terlindungi. Akhirnya bisa beristirahat juga.
Karena hujan seharian, baju dan celana juga jadi basah kuyup, udara malam pun sangat dingin, jadi tetapi masalahnya baju di dalam carier ternyata ga terlindungi dengan baik sama cover bag, jadi sedikit basah, bikin baju tidur pun jadi dingin, mana cuma bawa baju 2 lembar pula, satu baju lapangan yg basah, dan satu baju tidur yg lembab. haduuh mana ga bawa jaket hangat kaya yg laen >_< maklum pengalaman pertama naek gunung, banyak banget kurangnya hehe. Untunglah bawa sarung, jadi ga cuma 1 lapis di badan
Sampai di Surya Kencana

Lalu pagi hari nya jam 6 gw di kagetin suara orang teriak teriak, "nasi kuningnya aa" ebuset disini ada yg jualan nasi kuning? beli ah hehe, cuma 10rb tapi porsi nasi kucing :( maklum susah dia juga mesti nanjak dlu sebelum jualan hehe, disini banyak sih yg jual makanan, ada penjual roti, pop mie, kopi, dan minuman laen nya.. tapi harganya juga berkali lipat sih hehe
Sunrise di Surken

Jam 7 pagi gw lanjutin nanjak ke puncak bersama beberapa org, karena yg laen udah kecapean sebelumnya jadi milih istirahat di tenda. Dari surya kencana sampai puncak cukup deket ternyata, cuma nanjak 2 jam kurang sudah sampai lagi di puncak gunung gede. pemandangan disini sangat menawan, kita bisa melihat kota Cianjur, kawah gn Gede, puncak gn Pangrango, dan perbukitan lainnya.. menikmati indahnya gunung memang luaar biasa broo.. bikin nagih
Menuju Puncak Gunung Gede

Hmm bahas apa lagi ya... oke deh belajar dari pengalaman gw yg pertama ini sih barang bawaan yg wajib gw bawa (bukan peralatan kelompok) di perjalanan berikut nya untuk 2 hari satu malem adalah:

• Carrier 60 L minimal
  • Cover bag
  • 1x Baju tangan panjang buat tidur
  • 1x Baju jalan (kaos futsal, nyerep keringet)
  • 2x Kaos
  • 1x Jaket Jalan
  • 1x Jaket hangat
  • 1x Celana panjang buat tidur
  • 1x Celana jalan, bahan kuat, mudah kering
  • 1x Celana pendek
  • 3x Celana dalem
  • 1x Sarung
  • 1x Ponco / rain coat (better rain coat)
  • 1x Topi / Kupluk
  • 1x Syal
  • 2x Slayer
  • 1x Sleeping bag
  • 1x Matras
  • 2x Kaos kaki
  • 2x Sarung tangan (kalo bisa yg water proof)
  • 1x Sepatu gunung
  • 1x Sendal gunung

• 1x Senter / Headlamp
  • 3x Carabiner kecil buat gantungin sesuati di badan
  • 1x Sendok
  • 1x Container / tupperware buat wadah makan
  • 1x korek api / gas
  • 2x Tissue basah
  • lensa kamera hp (optional)
  • tongsis (optional)
  • 2 set Batre cadangan buat senter/headlamp
  • Powerbank
  • 5x Trashbag

• 4x Bengbeng/cemilan coklat
  • 1/4 kg Gula merah (buat nambah energi di jalan)
  • 8x Madurasa (buat nambah energi di jalan)
  • 2x Sarden

• 3x Indomie
  • 2x Telor
  • 1 L Beras
  • 6x Koyo cabe
  • 6x Tolak angin
  • 2 L Botol aqua
  • 1x Botol minum kecil buat akses cepat, nempel di badan

Dan kalo mau bawa barang elektronik baiknya sih di kasi plastik trus taro di beras, karena kemaren tuh HP, lensa kamera pada berembun, dan powerbank gw juga jadi basah gitu malah bikin rusak lampunya sekarang. Trus potong kuku kaki, karena pas turun gunung berasa sakit bgt jari kaki kena sepatu.
dan nasehat terahir sih mending semua isi dari carrier ditaro dalam trash bag, karena cuaca gunung susah di prediksi sehingga hujan kadang nembus coverbag lo.

Salam Dari 2.958 Mdpl

3 comments: Leave Your Comments

1. Salut buat pendakiannya boss!!!, jadi pengen naik gunung ni.... salam hangat n salam lestari