WHAT'S NEW?
Loading...

Tentang Database

Dalam dunia pemrograman, kita tentu sering mendengar istilah database, sebenernya apa sih data base itu? kenapa kita perlu database?

Aplikasi komputer pada intinya adalah untuk menyelesaikan masalah, begitu pula dengan database ini. Trus masalahnya apa? gini, lo pasti punya data, punya informasi entah itu tentang informasi perusahaan, berita, atau lainya yg ada, dan perlu disimpan. Data yg seperti ini sebenernya bisa saja kita simpan dalam format seperti text, deksripsi, angka, gambar dll. Namun ada beberapa hal yg akan menjadi pertimbangan, seperti:

1. Ukuran
Bisa aja sih naro semua itu di dalam file spreadsheet seperti excel, cuma ada satu masalah yaitu "gimana berkembangan data", mungkin ga masalah sih kalo jumlah data nya masih dibawah ribuan baris, tapi ga kebayang deh kalo kedepanya informasi yg disimpan ada 1.000.000 baris, atau bahkan gimana kalo informasi yg disimpan dalam file excel yg berbeda?? susah pasti nyari informasi yg diinginkan.

2. Sulit untuk mengupdate data
Apa yg terjadi kalo ada beberapa orang menggunakan file excel yg di sharing, dan dalam waktu bersamaan melakukan update data, akan ada risiko data yang tumpang tindih.

3. Ga akurat
Apa ada cara untuk mencegah orang menginput nilai yg salah pada file spreadsheet? kayak salah masukin tanggal kelahiran manager dengan tanggal hari ini, atau salah isi data yg ga akurat

4. Keamaanan
Ada kalanya informasi hanya bisa diakses oleh orang tertentu, dan ga boleh dilihat orang lain, misal informasi gaji gitu. lalu ada juga informaasi yg hanya boleh diliat oleh akunting saja, atau ada informasi tertentu yg hanya boleh di edit oleh bos misalnya. Jika informasi disimpan dalam bentuk spreadsheet ataupun teks akan sangat sulit untuk membuat aturan dari penggunaan data seperti ini,

5. Pengulangan
Duplikat data akan mengakibatkan konflik, misal ada ribuan data, trus ada data produk shanmpo yg harganya 10.000 tapi produk shampo yg sama keinput lagi dengan harga 14.000, ketika dicari muncul duplikat data gini, mana yg benar? bingung kan

6. Keutuhan
Apa yg terjadi jika saat ngedit data transaksional dengan rumus di spreadsheet atau word selama berjam-jam, melakukan update data pada file, trus mati lampu, dan belom di save? padahal info nya banyak bgt tuh yg dibuat! pasti stres nya bukan main.

Jika salah satu alasan benar, sudah saatnya lo menggunakan basis data yg bisa menjadi jawaban permasalahan diatas.
Data itu kritikal banget, bukan hanya tentang menyimpan informasi, database bisa tumbuh unutk data yg sangat besar, bisa diakses banyak orang bersamaan, menjaga data tetap akurat, konsisten dan mengontrol siapa aja yg bisa mengakses data, siapa yg bisa liat, siapa yg bisa edit, dan melacak apa yg mereka rubah, keren kan. kita ga hanya bisa menyimpan data, kita membuat peraturan untuk data!

0 comments:

Post a Comment