WHAT'S NEW?
Loading...

Penggunaan Dropbox untuk Laporan Kerja


Penggunaan email untuk mengirim file sebenernya sudah mencukupi jika hanya mengirimkan dan menerima file dokumen yg memiliki ukuran kecil karena toh ukuran file excel ataupun word tak lebih dari 1MB, tapi akan menjadi sebuah ketidak praktisan ketika mengirimkan revisi file yg sama, misalkan ketika file tersebut ditambahkan 1 halaman, maka kita harus mengirimkan ulang 1 file tersebut (bukan  tambahan 1 halaman tadi) oleh sebab itulah pengiriman file dokumen yg editable lewat email menjadi tidak efisien karena akan terjadi duplikasi file yg berulang, lambat laun kapasitas penyimpanan email akan berkurang

Keseringan mendownload konten di internet membuat saya akrab dengan beberapa media penyimpanan file online yg beragam, seperti  4shared.com ataupun yg lokal seperti indowebster.com, Dan saya menggunakannya untuk menyimpan file saya ketika ingin di share ke orang lain

Ibarat flashdisk yg selalu saya bawa, saya akan dengan mudah mengambil data/file dimanapun hanya dengan mendownload di web storage saya, dan yg paling sering saya gunakan adalah dropbox.com karena berbagai kelebihannya, seperti akses speed yg cepat, dan bisa langsung directlink.

Sangat terasa penggunaan dropbox ketika mengerjakan projek bersama di komunitas kaskus dulu, setiap file di dropbox bisa di akses oleh berbagai orang dan akan terupdate ketika file tersebut di save, jadi file yg sama akan bisa di keroyok oleh berbagai komputer sehingga pengerjaan projek bersama tersebut bisa diselesaikan dengan cepat!

Nah konsep inilah yg bisa dimanfaatkan untuk pembuatan laporan kerja, sebagai contoh adalah pembuatan laporan kas yg saya alami, dalam 1 hari petugas yg bertugas adalah 3 orang, dan setiap akhir sift akan membuat laporan yg di-emailkan ke bagian akunting, nah laporan tersebut juga dikirim dengan beda komputer, karena komputer yg dimiliki kantor ber-OS linux yg mana ga semua orang nyaman menggunakan libreOffice, sehingga membawa lapie pribadi yg ber-OS Wedus7 untuk bisa menggunakan Ms Excel. so pasti lawan sift yg menggunakan lapie linux tidak akan memperoleh file editan terakhir dari orang yg menggunakan wedus7 (beda lapie ya beda hardisk :D ) jadi mesti di download ulang lah file terakhir yg dikirimkan, dan di edit untuk di update lalu dikirimkan lagi dengan tambahan laporan sift terakhir, atau alternatifnya dengan cara membuat sendiri sendiri yg terpisah.

Fasilitas yg ditawarkan oleh dropbox adalah konsep cloud komputing, seperti mempunyai hardisk di dunia maya yg bisa diakses oleh berbagai komputer. Dengan adanya dropbox terinstal di komputer wedus7 dan linux maka akan terjadi sinkronisasi file secara realtime loh! misal win7 mengedit laporan hari ini, dan disave.. maka jika linux menaksesnya akan terllihat tanggal terakhir modifikasi yg 5 second misalnya, dan bagusnya lagi jika file tersebut berukuran 1Mb dan di update hingga ukurannya 1,3Mb maka file akan terupdate 300kb saja, ga di upload ulang 1,3 Mb tadi, bahkan ketika kita offline pun bisa mengedit file tersebut lalu saat online akan otomatis terupdate file dengan otomatis. jadi akan meminimalisir pemborosan bandwith modem.

Tak hanya menjadi hardisk bersama antara wedus7 dan linux ubuntu, tapi juga bisa menjadi hardisk untuk Mac, dan handphone android.
Namun itu bisa terjadi dengan menginstal dahulu aplikasi dropboxnya di https://www.dropbox.com/downloading
maka fitur cloud komputing telah tersinkronisasi dengan berbagai perangkat


So, lets join us in Dropbox, and Happy colaborate with cloud computing :))

0 comments:

Post a Comment