WHAT'S NEW?
Loading...

Mau kerja?? Bayar dulu!

Hari ini gw tes di sebuah perusahaan consulting di bilangan Suncity Square Bekasi, Awalnya gw percaya dapet sms kalo lamaran gw via jobsdb diterima dan diharapakan hadir pada hari ini tgl 17 jam 08.30 -14.00 di PT.PAN*U (sensor, kassian).
Dan gw percaya aja, padahal dalam hati gw mulai curiga, "baru kali ini gw dapet panggilan lewat SMS, dan jam tes nya pun ga jelas", dari pada gw penasaran langsung aja gw datengin dan lucunya lagi di akhir pesan dia yg terdiri dari 5 sms dia bilang "Kami bukan yayasan/outsource" mulailah gw sadar di perjalanan tuh, kenapa dia ga mau dibilang gitu?
Ahirnya jam 10.00 pagi gw nyampe dan pas gw liat "Ini mah yayasan" cuman tulisannya aja Konsultan, what's the different? Outsourcing mempekerjakan pegawai dengan status karyawan outsource bukan karyawan klien, biasanya mendapatkan keuntungan dari pemotongan gaji karyawan dari PT klien beberapa persen/dapet komisi dari klien, sedangkan konsultan adalah jasa perekrutan karyawan, biasanya memperoleh pendapatannya dari biaya yg dibayarkan perusahaan ke dia.

Daripada gw penasaran gw tanya aja sebelah gw yg sama-sama antri, ternyata dia bilang temennya ada yg masuk perusahaan otomotif besar melalui jasa konsulting ini! dan itu perusahaan besar loh, menarik. ahirnya giliran gw dipanggil. Awalnya biasa aja layaknya wawancara, tanya latar belakang, lalu dia nanya pendidikan gw, "saya lulusan D3 tahun ini pak, melamar kerja di posisi admin" trus si penanya alias karyawan konsulting tadi bilang "waduh lowongan admin udah abis tuh, ada staf produksi PT. ***printer di ejip*** mau? tapi ada biayanya" waduh ada biaya? apaan tuh, buat apa emang, gw tanya aja berapa. "3,5 juta *pelan*" hajegila mahal amat!!! ga sudi gw kolusi gini untuk kerja! ga bakal barokah duit kerjaan gw, etdah idealis banget yak, padahal yg realistis tuh gw ga punya duit segitu hahaha :D

Lagian lucu yak, dimana logikanya. Orang nyari kerja tuh butuh duit, lah ini suruh bayar duit. apalgi yg lebih parah orang yang mau lulus  CPNS tuh ampe rela bayar ratusan juta!! gile,, kalo punya duit segitu banyak ngapain jadi pegawai, orang suruhan, gw kalo punya duit sebanyak itu mending dipake modal! Cepet kaya :D

Haah,, itulah sulitnya mencari pekerjaan, satu kursi direbut banyak orang, ampe pada rela make berbagai cara. Cape jadi pegawai, bosen jadi karyawan, tapi susah juga jadi pengusaha :D
Hidup perlu perjuangan, kita sudah lahir sebagai pemenang, tinggal perlu keberanian menaklukan tantangan, merebut hak menikmati nikmatnya kehidupan

2 comments: Leave Your Comments

  1. Gan nama konsultanya apaan
    biar temen2 bisa antisipasi aj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasian si sebenernya..karena banyak juga pencari kerja yg rela bayar buat kerja, tp toh itu juga ga bener aslinya

      Delete