WHAT'S NEW?
Loading...

ADIPASA: Sepulang Sekolah, Sebuah Film Dokumenter Kelas



4 tahun sudah sejak gw menamatkan sekolah menengah atas di SMAN 4 Tasikmalaya, tapi rasanya seperti baru tahun lalu gw merayakan perpisahan sekola
Kata orang, Masa putih-abu merupakan kenangan yg paling indah dan tak terlupakan, tapi setelah 4 tahun lulus, kita sibuk menjalani aktivitas harian seperti, bekerja, kuliah, nyari kerja. kok ingatan masa SMA yg indah itu mulai tergerus realita sehari hari seperti kemacetan, penghasilan, pemerintahan, pacaran. suntuk!
makanya mungkin udah waktunya kembali gw bikin sebuah film dokumenter tentang perjalanan anak didik ipa satu (Adipasa) selepas menamatkan SMA! sebelumnya gw udah bikin 2 seri Film dokumenter kelas, yg merupakan terobosan di jaman itu (2008) disekolah, dengan fasilitas ala kadarnya gw berhasil membuat film dengan kualitas lumayan waktu itu, prinsip gw "Man Behind the Gun". Alat tidak menjadi batasan untuk berkreatifitas!
Dulu gw cuman bermodalkan pinjeman hape Nokia dengan kameran 2 MegaPixel dalam format 3gp malah,dan modal USB 2GB pinjeman juga (makasih ani :) mungkin kisah perjuangan ini bakal gw posting suatu saat.

Sekarang gw udah punya kamera DSRL babeh yg bisa rekam video HD, kenapa ga gw manfaatin? Dari tahun 2008-2012 sebenernya udah banyak kita ngadain kumpulan reuni gini, tapi masih dikit orang yang hadir, masih dibawah duapuluh kepala dari 41 anggota Adipasa. Dan dari banyak kumpulan itu gw udah mengoleksi foto dan sedikit video footnote yang berserakan, mungkin dengan akan dibuatnya film ini, video yang gajebo tadi bisa gw rajut menjadi sebuah cerita utuh tentang perjalanan Adipasa dari 2008-2012 J
Banyak kejadian yang mau gw ceritakan, dari menikahnya beberapa teman wanita seperti Ai, Altin, Dian, Eva dan yang akan menikah seperti si Leni bisa menjadi salah satu scene dalam film. Mungkin plot yang akan gw bikin seperti:
  • 1.       Intro: Gw bakal cerita dikit sebagai kata pengantar
  • 2.       Sekolah:  disini diceritakan gimana bentuk sekolah sekarang, apa bedanya dengan yang dulu, dan apa yang menjadi tujuan sekolah kemudian. Nah mungkin gw bakalan wawancara Pak Nandang kali ya
  • 3.       Guru: mewawancara guru yang pernah ngajar di kelas kita, mungkin yang asik diajak ngobrol seperti pak Dodi, Pak Atang, Bu Rismawati, Bu Biologi (lupa nama :P )
  • 4.       Reunian: gw tampilin berbagai foto pas ngumpul dari 2009-2011 kebanyakan sih ada di grup photo di Facebook J .
  • 5.       Wawancara: gw tanyain satu-satu anggota adipasa yang berhasil gw temukan tentang “Apa yang dilakukan sekarang, apa tujuan hidup kedepan, kapan merid, pesan untuk teman adipasa lain, dan moto hidup mereka”
  • 6.       Puisi: ini merupakan bagian penutup, yang isinya hanya puisi yang rencanannya gw minta Ani buat bacain, dialah satu-satunya yang pandai baca puisi dikelas! Dan ditampilin pula kenangan foto pas kita masih sekolah (BTW puisinya apaan yak :P )
  • 7.       Outro: Berisi pesan wawancara anak-anak tadi, dan harapan dia kedepannya mau jadi apa, dan gw juga mesti dapet wawancara dengan Pak maman nih sebagai walikelas kita dulu :D

That’s all what i’m thinking now,, mungkin judul film dokumenter kali ini adalah “ADIPASA: Sepulang Sekolah”

0 comments:

Post a Comment