WHAT'S NEW?
Loading...

Bimbingan Tugas Akhir Perdana: Bingung mulai dari mana? ga lagi!!!

Buat yang dospemnya pa YANDI FITRA,, berikut panduan TA dari beliau

PENDAHULUAN
Utk ACC judul dilengkapi dg Latar Belakang Masalah & Ruang Lingkup Masalah. Disarankan utk kirim via email agar saat bimbingan tinggal melanjutkan yg sudah disetujui daripada datang tapi ternyata tidak disetujui (buang2x waktu, krn ketemu 1x seminggu)
Latar belakang: Kenapa merancang PROGRAM/SISTEM/WEB tsb ? apa masalahnya saat ini sehingga diperlukan sistem kerja yg baru

Judul yg tidak disarankan :
  • Tentang program Penjualan Tunai
  • Tentang perpusatakaan
  • Penerimaan mhs/siswa/pegawai
  • Tentang rental VCD atau sejenis, kecuali rental mobil
  • Sistem Komputerisasi Penggajian
Pengecualian : Dapat menunjukan kelebihan dari sistem/program yg dibuat jika dibandingkan dg yg sudah ada sebelumnya. Artinya ada fitur yg belum pernah ada di TA sebelumnya.
Judul yg disarankan :
  • Tentang pembelian
  • Tentang inventory
  • Program pengiriman
  • Program Penggajian dg syarat ada proses perhitungan Pajaknya.
  • Program ordering
  • Dll


Judul TA itu harus layak, artinya manfaat lebih besar dari biaya yg dikeluarkan dan solusi yg ditawarkan menyelesaikan masalah tidak malah menambah masalah yg merepotkan pengguna sistem. Layak itu bisa diukur dari jumlah datanya yg besar (ribuan sebulan), jumlah transaksinya (puluhan transaksi/hari), jumlah orang yg mengerjakannya, dll.
Contoh tidak layak: Program penggajian utk perusahaan yg karyawannya cuma 10 orang.
Selagi proses pengolahaan data bisa diolah dg EXCEL, boleh dikatakan perancangan program belum layak, begitu juga perancangan sistem belum layak kalau suatu sistem komputerisasi ternyata bisa diselesaikan dengan EXCEL.

Ruang lingkup:

(SISTEM) proses apa saja utk meyelesaikan masalah tsb atau
(PROGRAM) form apa saja yg dibutuhkan utk menyelesaikan masalah tsb.
(WEB) page apa saja yg ditampilkan
Kalau belum JELAS tolong bertanya ya....
TA harus sesuai dg pilihan Outlinenya ya...,
Tidak bisa buat Pemrogram klu pilihannya sudah Perancangan sistem.
Ingat ya..., saya sudah beritahu diawal ini kalau nanti salah resiko sendiri.
Pahami benar apa yg dibuat, krn ada saja yg TA-nya sendiri tidak tahu isinya apa, ini FAKTA saat ini. contoh tdk tahu: Judul lain, bahasannya lain. Judulnya Pembelian, bahasannya Penjualan. Ga nyambungkan ?!?

Kalau masih bingung ?!?. Lihat contoh-contoh TA BSI yg ada diperpusatkaan atau ditempat lain.
Mengingatkan juga, mulailah TA dari awal2x waktu, kebiasaan diakhir waktu akan menyulitkan diri sendiri, ingat batas pengumpulan itu sebentar tdk dimulai dari sekarang. Tidak ada tambahan waktu kalau pendaftaran sidang sudah ditutup. Bimbingan 1x dlm seminggu lebih dari cukup jika dimulai dari awal.

Mohon maaf nanti kalau saya tidak mau direpotkan utk hal spt ini krn saya punya kegiatan juga banyak krn saya siang s/d sore kerja sbg IT di prs swasta, sore s/d malam ngajar di BSI dan waktu sisa saya pake buat pekerjaan penelitian saya, jangan ada alasan sibuk utk tdk mulai buat TA.
TA itu Gampang, asal dilakukan dari awal (tdk terburu-buru), rutin ikut bimbingan (biar ga bingung), mengikuti dan melaksanakan petunjuk dlm bimbingan(agar mudah dlm pelaksanaan), membaca referensi2x yg berhubungan dg TA (di google berlimpah), benar2x melakukan survey ke objek penelitian (70% pemahaman dari pengamatan lsg).
Perlu diketahui bimbingan dg saya bisa via email krn ini termasuk bimbingan jg, jadi tdk perlu khawatir kalau bimbingan lsg tidak hadir.

Bagi yg nanti kirim TA via Email, tolong message email2x sebelumnya tidak dihilangkan dg selalu me-REPLAY agar progress dr TA-nya lsg kelihatan.
Kemudian file TA yg dikirim beri nama dg format: namadepanmhs_bab_program.Doc (pakai Word kalau sdh bbrp halaman)
contoh : si Fulan Falun sdh sampai bab3 dg judul TA ttg program maka nama file yg dikirim : FULAN_bab123_programgudang.doc
Intinya dg nama file saya lsg tahu orangnya, judulnya, dan bagian yg sdh diselesaikan
Bagi yg bimbingan lsg, tolong selalu dibawa koreksi (coretan) sebelumnya. Jadi saya tidak ulang pertanyaan yg sama nantinya.
Saya berharap serius buat TA nya, jangan copy paste, jangan hanya terima jadi dr orang lain, jalankan apa yg saya sarankan, lakukan Metode Penelitian dg Nyata, sdh banyak TA yg saya bimbing sebelum ini tapi saya cukup prihatin krn banyak yg tdk menguasai TA yg dibuat 'sendiri'. Logika normal harusnya apa yg kita buat pasti kita tahu persis isinya. Sering saya ngetest dg pertanyaan judulnya apa? Banyak yg tdk bisa menyebutkan dg benar bahkan ada yg tdk tahu, ini baru judul lho...?!?
Untuk menguasai TA mmg harus menjalankan stepnya dg benar, benar2x riset/observasi/study pustaka. Benar2x buat desain sendiri dan buat program sendiri. Study pustaka sj banyak yg tdk melakukan apalagi riset & observasi. Rajin2x Googling, saya heran kalau ada mhs komputer tdk familiar dg Google?
TA tdk akan sulit kalau menjalan prosedurnya, kenapa ? krn kebayakan apa yg qt buat itu sudah banyak dibuat oleh orang lain. Hanya tinggal mempelajari yg sudah ada dan menerapkannya ditempat lain. Mhs tdk dituntut membuat sesuatu yg benar2x baru. Lain pasal kalau Tesis S2, baru2x dituntut yg original ide kita. Ini saja banyak yg bisa, buktinya sdh ribuan org lulus S2 dan S3
Bingung dg Judul/Bahasan ?

Perancangan sistem/program/web itu dimulai dari adanya masalah-masalah. Kalau tdk ada masalah? ya.. jangan dirancang yg baru lagi... logiskan ?
Indikasi ada masalah bagaimana ? berikut contoh2x indikasi ada masalah:
-keluhan dari pelanggan,
-pengiriman barang sering terlambat,
-pembayaran gaji terlambat,
-laporan tidak tepat waktu,
-isi laporan sering salah,
-tanggung jawab tidak jelas,
-waktu kerja yang berlebihan,
-produktivitas tenaga kerja yang rendah,
-banyak pekerja yang mengganggur,
-kegiatan tumpang tindih,
-ketidakberesan kas,
-respon yang lambat terhadap langganan,
-kehilangan kesempatan kompetisi pasar,
-kesalahan manual yang tinggi,
-re-order yang tidak efisien,
-persediaan barang yang terlalu tinggi,
-biaya operasi yang tinggi,
-file-file yang kurang teratur,
-perencanaan produksi yang tidak tepat,
-pekerjaan manajer yang terlalu teknis,
-kapasitas produksi yang menganggur,
- DAN LAIN-LAIN.

(sumber: Analisa dan Desain Sistem, Jogiyanto HM)
Salah satu masalah diatas bisa dijadikan bahasan TA, dengan membuatkan solusinya sehingga masalah terpecahkan.
ACC Judul
Bagi yg judulnya sudah saya ACC(yg sdh mengikuti saran saya), proses berikutnya adalah:

Utk P. Program: 1. buat desain Input dan output, 2. buat tabel-tabel yg diperlukan. Desain bisa dibuat dg Excel atau yg lainnya, tidak harus dg tampilan Form program krn pasti akan lama waktunya. Yg disebut dg desain, program tsb belum jadi.
Utk Sistem: 1. Buat prosedure sistem berjalan, 2. buat Context diagram, 3. buat DFD lengkap. Kalau bisa sekaligus Normalisasinya.

Utk Web: buat desain Web-nya dari awal sampai akhir. Page transaksinya spt apa atau interaksi dg user spt apa.

Ingat DESAIN itu hanya gambaran bukan yg sudah jadi. Gambaran kalau program/web itu jadi kira-kira seperti apa.

Bagi yg DESAIN nya sudah saya setujui, silahkan diselesaikan sampai akhir selengkap-lengkapnya tanpa ada yg ketinggalan. Kemudian KIRIM via email dan tunggu di-REPLAY emailnya. Tidak harus tunggu program/web/animasi selesai semua (bisa menyusul).

Pada PENDAHULUAN/Latar Belakang masalah, tidak perlu menceritakan sejarah komputer dan lainnya, To the point saja. Paragraf pertama ceritakan ttg sekilas bisnis perusahaan dan paragraf berikutnya ceritakan dengan jelas masalah2x yg ada diperusahaan tsb dan seterusnya.

Ruang lingkup sebutkan dg jelas misalnya ttg Perancangan Program: sebutkan programnya nanti terdiri dari form2x/proses2x/report2x apa saja. Jika ttg sistem sebutkan dg jelas prosedur2xnya yg akan dibahas.
Contoh Ruang Lingkup:
perancangan program ....... ini dibatasi pada input master barang, input pembelian brg, input stok barang, input....dst, proses hitung stok, proses....dst, laporan mutasi brg, ......dst.

Peracangan sistem ini membahas prosedur penerimaan order, prosedur pengecekan stok, prosedur pembuatan faktur tagihan, prosedur ......dst.

Diatas adalah contoh, tinggal sesuaikan dgn judul masing2x. Jadi ruang lingkupnya jelas dan detail.
Landasan teori:
Merupakan teori2x yg digunakan dalam menyusun TA. TIDAK COPY PASTE dari TA sebelumnya (sering terjadi). Teori yg tdk berhubungan dg bahasan yg dibuat, TIDAK perlu ditulis.

Bab 2/Landasan Teori tidak perlu dikirimkan ke saya, dikirim bersamaan dg Bab-3 atau bahasan sesudahnya, krn Bab 2 yg diperhatikan adalah teori2x yg berhubungan dg bahasannya. Jadi tidak semua teori program/sistem masuk kedalam Bab ini. Makanya lengkapi dulu, baru ketahuan teorinya nyambung atau tidak.
INGAT hanya teori yg berhubungan dengan bahasan saja yg dimasukan.
Metode penelitian,
Tidak semua metode dimasukan kecuali metode2x yg memang DILAKUKAN selama mengumpulkan data. Banyak yg memasukan semua metode penelitian ke TA-nya. Tolong perhatikan, metode yg ditulis hanya metode yg memang dipakai dalam penulisan TA.

Contoh: metode WAWANCARA, apakah anda benar melakukan WAWANCARA ??? benarkah anda melakukan Observasi? Kalau tidak ya.. jangan dimasukan. Kalau ya anda harus jawan pernyataan, siapa yg diwawancara, apa jabatannya, apa bagiannya. Jadi jangan asal tulis metode.
Dalam membuat peracangan program / sistem / web, tidak mengada-ada harus sesuai dg realita dan akan lebih bagus kalau bisa menutupi kekurangan2x dari sistem/program yg sudah ada dipasaran saat ini. Agar bisa sesuai dg realita, kita harus cari tahu ke lapangan atau search di internet.

Contoh mengada-ada:
Transaki Menjual TV dg meminta data lengkap pembeli untuk diinput. Emang ada org jualan TV minta data pembelinya ? yg ada org tdk mau beli ke toko tsb. Contoh lain, transaksi di minimarket misalnya yg tdk minta data pelanggan Tapi kenyataannya banyak TA yg spt ini.

Perhatian, TA itu harus sinkron dari judul sampai ke penutup. Jangan sampai judulnya lain, bahasannya lain. Ruang lingkupnya a b c, bahasannya d e f. Bahasannya d e f, kesimpulannya g h i.
Mungkin tdk hal ini terjadi ? Mungkin sekali, pengalaman saya dlm membimbing suka menemukan ini.
Kesimpulannya: TOLONG 'dibaca'/ dikuasai apa yang sudah dibuat. Penguasaan thd TA adalah point tertinggi dlm komponen nilai TA. Kalau TA kita buat sendiri otomatis kita yg paling tahu isi TA tsb dibanding org lain.
Banyak pertanyaan ke saya, prosedur sistem ini apa saja? proses programnya apa saja?
Harusnya pertanyaan ini bukan ke saya, tapi ke orang tempat kita melakukan observasi atau riset, karena mereka yg lebih tahu krn mereka yg punya sistem. Tapi secara umum tentu ada kesamaan dg perusahaan lain, namun saya sarankan cari tahu dulu kesana. Gampang sebenarnya utk tahu sistem2x yg ada diperusahaan karena di Internet sangat2x banyak.
Ingat !! jangan mengada-ada ya..., krn saya sudah menangani banyak sistem diperusahaan.
Banyak pertanyaan juga ttg Program Fiktif atau Nyata ?
Yang Fiktif itu DATANYA, PROGRAMnya ya Nyata. Contoh Judul: Program Gaji PT. ABC. PT ABC disebut fiktif, Program Gaji harus nyata, tdk bisa perhitungan gajinya sesuai dg selera kita. Perhitungan gajinya harus sesuai dg Peraturan Pemerintah yaitu PPh pasal 21.
Contoh lain: Program Pembelian Material PT. XYZ. PT.XYZ Fiktif, tapi prosedur pembelian harus nyata spt pada umumnya yg berlaku diperusahaan-perusahaan, tidak bisa spt yg kita bayangkan sendiri tanpa tahu BISNIS PROSESnya ttg Pembelian.

Kesimpulannya mau tidak mau harus riset/cari tahu ttg Bisnis Proses suatu sistem. Kalau belum paham, manfaatkan GOOGLE krn semua penjelasan ada di google. Jangan bilang tidak ada di google ya.... Pengalaman saya selama ini mencari suatu pengetahuan di google selalu ada, tergantung setelaten apa kita mencarinya.
Untuk yg pilih WEB
# Web desain diharapkan bisa interaktif dg user
# eCommerce harus ada database-nya dan tdk pakai CMS
# cukup localhost yg penting nanti bisa dipresentasikan.

Untuk Animasi: boleh pakai software apa saja yg penting animasi utk pembelajaran
Untuk Aturan Penulisan tolong benar2x dilihat BUKU PANDUAN, jangan bertanya sebelum melihat ke BUKU PANDUAN. Buku tersebut bisa didownload. Banyak yg ngasal dlm penulisan krn TIDAK pernah Melihat Buku Panduan. Sekali lagi LIHAT BUKU PANDUAN
Bagi yg TA nya sudah selesai Bab-1/Bab-2/Bab-3/Semuanya, harap setiap kirim via email dg lengkap tidak sepotong2x krn setiap memeriksa saya selalu lihat dari awal. Ini utk mengetahui apakah TA nya nyambung dari awal atau tidak. Saya tdk membatasi bab per bab, silahkan saja kirim semua yg sudah selesai tapi ini dg catatan kalau ada revisi ya bisa revisi semuanya. Tapi via email inikan lebih efisien krn tdk perlu mencetak dikertas.
Jika di-replay saya minta dicetak, maka cetakannya diberikan ke saya untuk diperiksa aturan penulisannya. Cetak boleh bolak balik (biar irit) atau kertas bekas pakai salah satu sisinya. Tapi dg catatan LENGKAP ya..., kalau tdk lengkap tdk perlu diserahkan .
Pendafataran TA, artinya TA tidak dikumpulkan tapi didaftarkan oleh pembimbing TA di Web BSI. Pendaftaran ditutup, TA tdk bisa didaftar sama sekali.
Persiapan sidang TA:
1. Bawa laptop sendiri sbg cadangan utk menjalankan program jika CD bermasalah.
2. Buat slide presentasi sebaik mungkin, tdk disarankan slide hanya copy paste dari isi TA. Di slide cukup point2xnya saja, kalau bisa penuh dg ilustrasi gambar2x. Utk yg desain sistem sebelum tampilan DFD klu bisa tampilkan flow system utk menunjukan aliran data antar bagian2x yg terlibat.
3. Isi dari slide min: Latar belakang masalah, alternatif pemecahaan masalah, metode/cara memecah masalah, DFD, normalisasi, kesimpulan dan demo program
4. Kuasai isi dari TA yg dibuat, tunjukan saat prersentasi kita bisa menjelaskan slide yg ditampilkan tanpa perlu melihat hardcopy TA. Dgn penguasaan TA diharapkan dapat beragumen.

0 comments:

Post a Comment